Fakta yang Harus Kamu Ketahui tentang Dimsum

Sobat Mbledos tentu sudah mengetahui soal dimsum, namun sampai sejauh manakah? Dalam artikel ini kami akan sajikan fakta-fakta terkait dengan dimsum.

Dimsum merupakan makanan tradisional China yang hadir sejak zaman Dinasti Han (206SM – 220). Dimsum sendiri berasal dari Bahasa Kantonis yang berarti makanan kecil. Dalam Bahasa Mandarin arti harafiah dari dimsum adalah “sedikit dari hati”. Hal ini sesuai dengan sajian dimsum yang hanya tiga hingga empat buah dalam piring atau wadah kukusan bambu.

Ukurannya yang kecil ini karena dimsum pada mulanya hanya camilan untuk menemani minum teh saja, teman-teman.Karena ukurannya kecil, maka tidak akan segera membuat kenyang Sobat Mbledos yang menikmati dimsum, sehingga tetap bisa menikmati makanan lainnya.

Kebiasaan minum teh ini biasanya dilakukan pada pagi hari, yang disebut “yam cha” atau menyeruput teh dalam bahasa Mandarin. Tapi seiring berjalannya waktu, dim sum justru lebih terkenal dibandingkan dengan tradisi yam cha itu sendiri. Hal ini karena pelafalan dimsum lebih mudah diucapkan oleh orang-orang inggris yang saat itu menduduki wilayah China.

Sekarang dimsum bukna lagi hanya sekadar makanan kecil atau camilan. Dimsum kini juga dinikmati sebagai menu utama dalam sesi makan. Hidangan dim sum terdiri dari beberapa jenis makanan, di antaranya bakpao, fung zau atau ceker ayam, siomay, dumpling atau pangsit goreng, hakau yang berisi udang, gyoza atau pangsit kukus, dan xiaolongbao yaitu pangsit yang di dalamnya terdapat kuah. Mengkonsumsi dimsum saat ini juga dapat membuat perut kenyang sama seperti makanan utama lainnya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Keranjang Belanja